• Jam Buka Toko: 08.00 -21.00
  • Status Order
  • Tlp: 0354-7418363
  • SMS/WA: 082338888812
  • cakrawalasatria@gmail.com
Terpopuler:

5 Tujuan Membaca Cepat, Sepele Tapi Penting!

15 July 2020 - Kategori Blog

Tujuan Membaca Cepat – Saat kamu melakukan membaca sekilas, apa sih tujuan utama kamu? Mungkin ada yang menjawab karena keterpaksaan, karena mengikuti lomba membaca cepat membaca. Ada juga yang menjawab malas membaca karena memakan waktu lama. Atau kamu salah satu yang santai membaca tanpa intervensi dari orang lain?

Tahukah kamu jika tujuan membaca cepat ternyata tidak sekedar digunakan untuk adu kemampuan kelancaran membaca saja loh. Tetapi juga memiliki beberapa tujuan lain. Penasaran bukan, apa saja sih tujuan membaca cepat? Berikut uraiannya.

5 Tujuan Membaca Cepat
Berikut ini adalah beberapa tujuan membaca cepat yang perlu Anda ketahui :

1. Mengenali Topik Bacaan
Tentu saja tujuan dasar membaca cepat adalah mengenali topic bacaan. Karena itulah esensi dari membaca. Jadi apabila ada orang yang membeli buku hanya karena ingin membeli dan hanya mempertontonkan keterampilan membaca cepat, ya percuma saja. Adannya hanya mendapatkan pujian dan pengakuan bahwa bisa membaca cepat.

Tetapi secara esensinya, tidak mendapatkan tujuan dasar membaca itu sendiri. Yaitu mengenali topic bacaan. Sebenarnya saat membaca tidak sekedar mengenali topic bacaan saja loh. Selain mendapatkan topic bacaan, tentu saja akan mendapatkan banyak sekali sudut pandang menarik. Bahkan tidak hanya menarik, tetapi juga bermanfaat sekaligus bisa mengubah masa depan.

Apalagi jika membaca sudah dijadikan sebuah kebiasaan. Itu sebabnya jangan heran jika orang yang banyak membaca memiliki kemampuan banyak hal. Mulai dari memiliki kemampuan dalam eksplorasi pengetahuan, mengemukakan pendapat hingga mampu mengembangkan kata dan kalimat dengan baik.

Nah, jika ingin seperti itu, kamu juga bisa lakukan dengan cara mengenali topic bacaan buku atau artikel yang sedang kamu baca. jadi, tidak hanya baca cepat, tetapi ilmu dan pesan tidak ada yang diperoleh. Kan sayang. Sayang di waktu dan jatuhnya justru kurang efektif.

2. Mengetahui Organisasi Penulisan
Sadar atau tidak disadari, tujuan membaca cepat mampu melatih kamu bisa mengetahui organisasi penulisan. Organisasi penulisan dalam hal ini lebih ke pada bentuk penyusunan kalimat, penggabungan kata, penulisan tanda titik, koma dan lain sebagainya.

Jadi membaca memang tidak sekedar membaca. Secara tidak langsung pun kamu juga akan mempelajari organisasi penulisan. Bagiamanapun juga, organisasi penulisan yang tidak ditempatkan ditempat yang tepat, dapat menimbulkan makna yang berbeda. Ketika makna yang berbeda, maka akan menimbulkan yang namannya kesalahpahaman pemahaman antara pembaca dan penulis.

Kamu pun saat mendapatkan tugas menulis dari kampus, misalnya, kamu juga tidak perlu khawatir dan binggung lagi cara mengorganisasikan ide, gagasan dan pendapat kamu dalam bentuk tulisan. Memang tujuan awal dari membaca cepat itu sendiri adalah belajar organisasi penulisan dari penulisnya, namun juga secara praktek, kamu juga bisa belajar bagaimana mengorganisasikan tulisan yang enak dibaca, enak dipahami dan lebih kata mana yang enak dipahami oleh pembaca.

3. Mengetahui Opini – Gagasan Orang Lain
Sudah hal pasti saat mempelajari tujuan membaca cepat, kamu akan mengetahui opini atau gagasan si penulis. Kita tahu bahwa Indonesia salah satu Negara yang menganut asas demokroasi. Asas kebebasan untuk berpendapat. Nah, konteks berpendapat dalam hal ini pun luas.

Ada yang berpendapat lewat demo, lagu, film hingga lewat tulisan. Salah satunya dalam bentuk buku. Begitupun dengan buku-buku yang terpajang di toko buku. Hampir sebagian besar buku-buku di sana ada pendapat dan gagasan si penulis terhadap satu tema atau satu topic tertentu.

Dengan kata lain, selama kita membaca buku atau bacaan di surat kabar sekalipun, sebenarnya kita sedang belajar pendapat dan sudut pandang orang lain. Pertanyaannya adalah, apakah ini baik? Tentu saja baik. Semakin banyak sudut pandang, semakin terbuka pula diri kita untuk menerima sudut pandang dari orang lain.

4. Menemukan Sesuatu Yang Menarik Di Dalam Bacaan
Pernahkah kamu membaca buku, dimana buku tersebut sangat berkesan dan mampu mengubah sudut pandang kamu. Dari sudut pandang baru kamu tersebut mampu membawa perubahan ke arah yang baik? Jika iya, itulah salah satu tujuan sekaligus manfaat dari membaca cepat.

Salah satunya Saya. Saya memutuskan menjadi seorang penulis juga hanya karena membaca sebuah buku. Dimana dari buku tersebut, semakin membentuk saya untuk konsisten dan disiplin merealisasikan mimpi menjadi penulis. Sampai waktu yang lama, akhirnya sekarang sudah membuahkan hasil.

Saya pun yakin, banyak di luar sana yang memiliki masa depan yang sesuai keinginan, hingga mengubah menjadi pribadi yang lebih baik. Padahal, bisa jadi ini terjadi karena kandungan isi buku yang terkandung di dalamnya memang sangat menarik. hal-hal menarik seperti inilah yang harus banyak-banyak diambil agar semakin banyak pula kemanfaatan untuk kehidupan kita.

5. Lebih Update
Tujuan membaca cepat yang tidak kalah penting, dan mungkin banyak yang abai akan hal ini. yaitu lebih update. Dari berbagai sisi, orang yang gemar membaca akan lebih update. Tentu saja mengetahui pengetahuan lebih maju itu sesuatu hal yang perlu dipertahankan. Setidaknya dengan pengetahuan lebih daripada umumnya orang, tentu saja diharapkan hasil akhirnya akan memberikan banyak manfaat.

Tujuan membaca cepat selain lebih update, kamu juga akan mendapatkan sesuatu yang baru dan selalu bisa menyempurnakan pengetahuan sebelum-sebelumnya. Pemahaman lebih sederhana, saya menganologikan membaca itu seperti halnya kita sedang belajar puzzle.

Kita tahu saat memainkan puzzle kita menyatukan satu kepingan dari kepingan yang lain secara pas dan presisi. Kita tidak bisa melihat hasil dari keingan puzzle akan berwujud apa jika belum 100% kita pasang semua. Begitupun dengan tujuan membaca cepat, juga seperti itu.

Secara tidak langsung pun kita juga sedang mengumpulkan pengetahuan. Menjadikan pengetahuan lama menjadi lebih baru setelah membaca buku lain dan yang baru. Begitu seterusnya, sampai di satu titik, kita menemukan alasan dan menemukan solusi atas kumpulan informasi yang terkumpul. Dari kumpulan informasi inilah yang nantinya akan membentuk gagasan baru dan ide yang lebih inovatif dibandingkan bacaan-bacaan yang pernah kamu baca.

Jadi dapat disimpulkan bahwa tujuan membaca cepat tidak sekedar membaca begitu saja, tetapi juga bertujuan untuk mendapatkan informasi sesuai yang diinginkan, tanpa harus membaca secara menyeluruh dari isi bacaan. Tentu saja kamu pun nantinya akan mendapatkan banyak pelajaran baru dan menarik dari isi buku tersebut.

Semoga uraian tujuan membaca cepat di atas semakin memberikan perspektif yang baru. Tentu saja agar tidak sekedar membaca, tetapi juga membaca berkualitas. Membaca sekaligus memahami isi secara garis besar ataupun secara keseluruhan. Nah, diartikel selanjutnya kamu bisa belajar cara membaca cepat dan paham. Penasaran bukan? Bagaimana sih caranya? Karena ternyata membaca cepat tidak asal dilakukan. Ada beberapa cara dan trik yang bisa kamu coba.

85 Komentar/Review

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp