• Jam Buka Toko: 08.00 -21.00
  • Status Order
  • Tlp: 0354-7418363
  • SMS/WA: 08155525121
  • cakrawalasatria@gmail.com
Terpopuler:

6 Cara Mudah Lulus Dengan Gelar Cumlaude

19 Juni 2021 - Kategori Blog

 

lulos

sumber:simfonifm

 

Siapa sih yang gak mau punya gelar cumlaude? Pastinya tidak bisa dipungkiri kalau IPK masih menjadi tolak ukur utama untuk menentukan kualitas lulusan perguruan tinggi saat ini apalagi kalau kamu mau melanjutkan kuliah ke program magister atau S2 dengan mendapat beasiswa.

Syarat cumlaude di Indonesia berkaitan juga dengan jenis-jenis cumlaude yang ada di Indonesia karena jenisnya cukup berbeda-beda. Apa aja predikat cumlaude tersebut? Biasanya para mahasiswa yang lulus dengan IPK 2,00 hingga 2,75 akan mendapatkan predikat yang memuaskan.

Untuk Mahasiswa/ Mahasiswi yang lulus dengan IPK 2,76 sampai 3,50 akan mendapatkan peringkat yang sangat memuaskan. Dan mereka yang lulus dengan IPK di atas 3,50 akan mendapatkan predikat cumlaude.

Berikut ini adalah beberapa syarat cumlaude dan berbagai jenisnya yang ada di Indonesia yaitu:

1. Predikat Cumlaude

Syarat cumlaude yang pertama adalah kamu harus memastikan bahwa nilai IPK yang kamu raih bisa berada pada kisaran 3,51 hingga 3,79. Selain itu, tidak boleh ada nilai yang gagal atau mengulang kelas. Kamu juga harus bisa lulus tepat waktu dan gak melebihi tahun ajaran yang telah diterapkan sesuai dengan jenjangnya.

2. Predikat Magna Cumlaude

Syarat cumlaude yang kedua adalah jika kamu mengincar predikat yang lebih tinggi di atas cumlaude yaitu magna cumlaude, jika kamu lulus dengan nilai IPK 3,80 hingga 3,99. Syarat lainnya adalah tidak ada nilai kuliah yang gagal dan mengulang kelas, selain itu kamu juga harus bisa lulus tepat waktu dengan tahun ajaran yang ditetapkan.

3. Summa Cumlaude

Syarat cumlaude yang ketiga adalah jika kamu mengincar predikat kelulusan tertinggi adalah summa cumlaude, yaitu mereka yang bisa lulus secara sempurna dengan IPK 4,00. Kamu harus bisa lulus dengan waktu yang ditentukan serta gak ada mata kuliah yang gagal.

Buat kalian para calon mahasiswa baru yang ingin lulus dengan predikat cumlaude, ikuti saran-saran ini yuk biar kamu bisa lulus predikat yang memuaskan!

1. Pertahankan nilai IPK mu dari awal semester!

Cara agar kamu bisa memenuhi syarat cumlaude adalah kamu harus bisa mempertahankan nilai IPK mu agar terus stabil, sebisa mungkin melebihi 3,50. Meskipun memang semester-semester awal selalu menjadi hal yang berat karena kamu harus beradaptasi dulu dengan cara belajar, lingkungan, dan dosen-dosen yang berbeda-beda.

Anggaplah IPK mu di semester awal merupakan sebuah pondasi dan dasar untuk persiapan di semester-semester berikutnya. Jadi, jika kamu pengen IPK 4,00, maka kamu harus perjuangkan dulu nilai-nilai IPK di semester awal.

2. Perhatikan absen di setiap pelajaran

Syarat cumlaude yang kedua adalah sebisa mungkin jangan sampai kamu bolos di semua mata kuliah karena absensi mu juga terhitung. Meskipun setiap kampus memiliki penilaian dan persentase yang berbeda-beda, misalnya nilai akhir tiap mahasiswa terdiri dari 10% absen kehadiran, 20% tugas dan kuis, 30% UTS, dan 40% UAS.

Itu tandanya kamu harus punya perhatian lebih pada persentase faktor penilaian yang lebih besar dan bukan berarti kamu bisa mengabaikan persentase yang kecil.

3. Perhatikan dosen dengan seksama!

Syarat cumlaude yang ketiga adalah kamu harus memperhatikan dosenmu saat pelajaran berlangsung. Hal ini sangat berguna karena sistem penilaian dosen jauh lebih subjektif.

Ada dosen yang mengolah nilai persis sesuai dengan kontrak belajar, ada juga yang memberi nilai sesuai dengan seberapa aktif kamu di kelas, bahkan ada juga yang suka ngasih nilai sendiri-sendiri. Jadi, kamu harus perhatikan karakter dosenmu agar kamu bisa beradaptasi dengan gaya belajarnya.

4. Usahakan selalu aktif di kelas!

Syarat cumlaude yang selanjutnya adalah kamu harus berusaha agar selalu aktif di kelas. Karena di beberapa kesempatan, biasanya para dosen suka memberikan nilai tambah untuk mahasiswanya yang selalu aktif di kelas. Aktif di kelas bukan berarti kamu bisa bicara sesuka hatimu ya.

Kamu harus ada persiapan materi dan pelajaran juga sebelum kuliah berlangsung sehingga kamu bisa menyampaikan pertanyaan yang berbobot atau berargumen dengan data dan bahan yang valid.

5. Jangan menunda-nunda waktu untuk mengerjakan tugas

Dunia perkuliahan agak sulit kalau kamu banyak menunda waktu mengerjakan tugas, karena dari mata kuliah yang cukup padat dan setiap minggunya kamu akan selalu mendapatkan tugas baru. Jadi kebayang kan kalau kamu menunda seluruh pekerjaanmu karena pada akhirnya akan menumpuk.

6. Harus pintar mengatur waktu

Untuk menghindari cara kerja sistem kebut semalam atau yang biasa dikenal dengan SKS, kamu harus pintar-pintar untuk mengatur waktu nih. Manfaatkan sedikit waktu luangmu untuk mengerjakan tugas kuliah.

Salah satu trik agar bisa mengatur waktu yang baik adalah dengan memiliki skala prioritas. Kamu harus bisa memilih mana yang penting dan harus dikerjakan lebih dulu, setelah itu baru lakukan pekerjaan yang lain.

Memiliki skala prioritas juga bisa menjadi dasar kenapa kamu merasa perlu menemui dosen dan meminta tugas tambahan kalau nilai-nilaimu diperkirakan masih jauh dari target.

Comments are closed.