• Jam Buka Toko: 08.00 -21.00
  • Status Order
  • Tlp: 0354-7418363
  • SMS/WA: 08155525121
  • cakrawalasatria@gmail.com
Terpopuler:

Cara Menerbitkan Buku Sendiri

23 April 2021 - Kategori Blog

 

cara menerbitkan buku

 

Cara menerbitkan buku sendiri atau disebut dengan self publishing. Era digitalisasi dengan banyaknya persaingan antar penulis, metode ini menjadi salah satu cara agar tetap eksis dalam menerbitkan buku. Dengan kata lain, selain bertindak sebagai penulis buku, Kamu juga sebagai penerbit buku.

Self publishing menjadi pilihan alternatif menerbit buku. Alasannya sederhana, semakin hari semakin banyak penulis bermunculan. Penerbit mayor pun semakin memperketat syarat naskah yang diterbitkan. Semakin banyaknya persaingan dan ketatnya dari penerbit, maka potensi buku kita diterbitkan juga semakin kecil.

Namun, buat kamu para penulis yang ingin menerbitkan buku, jangan khawatir bukumu tak bisa terbit. Kamu bisa menerbitkan bukumu sendiri alias self-publishing. Jadi, kamu bisa menulis naskahmu sekaligus menerbitkan naskahmu sendiri.

Bagaimana cara menerbitkan buku sendiri?

Berikut ini adalah cara menerbitkan buku sendiri :

Menyiapkan Naskah

Hal pertama yang harus disiapkan adalah sebuah naskah. Karena naskah adalah salah satu hal terpenting dalam penulisan sebuah buku. Tentunya naskah yang sudah rapi, penyampaian bahasa mudah dipahami, dan topik yang diangkat juga menarik.  Selain menarik, kamu juga harus memastikan bahwa naskahmu tapi dan tak sulit untuk dipahami.

Layout Naskah

Proses layout naskah buku, salah satu pekerjaan yang cukup vital. Kecuali Kamu memiliki ketrampilan melayout, tentu akan jauh menguntungkan. Jika tidak memiliki ketrampilan ini, alternaif lain menekan modal dengan cara menyerahkan proses layout ke freelance layout naskah.

Cara ini jauh lebih lebih menghemat. Atau bisa menggunakan jasa layouter dari pihak percetakan, yang menyediakan jasa layout. Mengingat, tidak semua percetakan menawarkan jasa ini.

Desain Cover

Cover buku salah satu cara media promosi, bagaimana caranya agar pembaca langsung tertarik, saat melihat pada pandangan pertama dari cover.

Cover buku sebagai nilai jual buku. cover yang menarik dan bagus pun benar-benar dirancang dan pikirkan matang. Misalnya, memperhatikan font tulisan, memperhatikan judul, hingga memperhatikan warna cover yang hendak dipilih.

Mengurus ISBN Naskah

ISBN merupakan kependekan dari International Standart Book Number. Sebuah nomor unik yang berfungsi sebagai identitas buku. Buku yang memiliki ISBN dengan buku yang tak memiliki ISBN tentunya akan lebih berkualitas buku yang ber-ISBN.

Untuk masalah biaya dalam ISBN, Kamu tak perlu khawatir. Karena sejak tahun 2011 Perpustakaan Nasional RI sudah memberikan gratis dalam pengajuan ISBN.

Menentukan Kualifikasi Buku Yang Akan Dicetak

Menentukan kualifikasi buku menyangkut jenis kertas dan proses percetakan. Banyak jenis kertas untuk mencetak buku. Ada kertas buram eksport, import dan ada juga jenis kertas hvs putih pada umumnya. Hal ini penting dikarenakan, untuk self-publishing semua yang menentukan adalah kamu sendiri.

Menyiapkan Modal Biaya Pencetakan

Modal berupa uang untuk biaya percetakan dan proses penerbitan buku. Besar uang yang harus dipersiapkan pun bervariatif. Banyaknya modal yang akan kita keluarkan juga tergantung dari jumlah ketebalan naskah dan jenis kertas yang dibuat. Setiap penerbit satu yang ada di wilayah satu dengan yang lain memiliki kebijakan sendiri.

Untuk itu kamu harus pandai membandingkan antara penerbitan satu dengan penerbitan yang lain. Intinya, semakin banyak kamu mencetak buku, semakin murah pula harga per eksemplar bukunya.

Menentukan Harga

Menentukan harga buku tidak bisa ditentukan begitu saja. Harus ada beberapa analisa yang dilakukan supaya harga yang ditentukan tidak terlalu murah atau terlalu mahal.

Caranya yaitu dengan melakukan survei dan analisis pasar. Dengan melakukan survei, kita bisa mengetahui kondisi sebenarnya di lapangan. Dengan melakukan survei harga, kita dapat mengetahui harga rata-rata buku.

Analisis pasar juga penting dilakukan. Misalnya, jika ingin menerbitkan buku sendiri, kita perlu memperhatikan tempat usaha kita buka.

Bisa memilih lokasi yang strategis. Juga memperhatikan sasaran dan promosi. Supaya para penulis tahu ada penerbit yang menawarkan harga lebih murah dan pemasaran yang lebih menguntungkan.

Pendistribusian Buku

Kesuksesan dalam melakukan cara menerbitkan buku sendiri adalah memasarkan buku-buku yang sudah dicetak. Ada banyak cara memasarkan buku. Selain menggunakan sosial media dan internet, dapat dilakukan dengan sistim distributor.

Di mana penerbit bisa bekerjasama dengan distributor buku untuk memasarkan buku-buku yang sudah diterbitkan. Selain distributor, pemasaran bisa dengan sistim titip buku ke toko-toko buku.

Itulah ulasan persiapan yang harus dilakukan oleh penulis menerbitkan buku sendiri. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Comments are closed.