• Jam Buka Toko: 08.00 -21.00
  • Status Order
  • Tlp: 0354-7418363
  • SMS/WA: 08155525121
  • cakrawalasatria@gmail.com
Terpopuler:

Membaca Buku Saat Hamil Tingkatkan Kecerdasan Anak

07 April 2021 - Kategori Blog

 

Membeli buku

bumil membaca(ilustrasi/parenting.orami)

 

Sesuatu hal wajar jika ibu hamil malas bergerak dan selalu ingin berbaring santai di rumah. Tapi ada sebagian yang merasa jenuh apabila selama hamil hanya berada di dalam rumah saja. Anda bisa isi waktu selama di rumah dengan memmbaca buku.

Membaca buku tidak sekadar menghilangkan jenuh. Aktivitas ini memberikan beberapa efek positif kepada ibu dan anak, salah satunya adalah meningkatkan perkembangan intelektual bayi. Berikut ini manfaat lengkap membacakan buku bagi janin selama masa kehamilan:

Meningkatkan Daya Konsentrasi

Saat ibu membaca buku ketika hamil untuk bayinya. Bayi akan mendengarkan dengan penuh konsentrasi saat mendengar suara ibunya. Sehingga daya konsentrasinya bisa meningkat. Kata-kata yang sering diucapkan ibu hamil dan didengar janin, nantinya akan tersimpan dalam ingatan bayi dan sangat membantunya untuk belajar dan menguasai kosakata saat ia lahir dan tumbuh besar.

Selama kehamilan, ada baiknya untuk rutin membaca. Tidak hanya membaca untuk diri sendiri tetapi juga membaca atau mungkin mendongeng untuk si kecil dalam kandungan.

Meningkatkan kecerdasan

Bagi janin di dalam kandungan, suara ibu merupakan gelombang radio yang mengirimkan sinyal setiap kali ibu membacakan buku untuknya. Manfaat membaca ini juga berpengaruh pada peningkatan kecerdasan intelektual, spiritual, hingga kecerdasan emosi si kecil. Otak janin bekerja lebih aktif sehingga simpul-simpul saraf otaknya juga terasah selama Anda membacakan buku untuknya.

Membantu koneksi jaringan otak

Koneksi jaringan otak pada janin juga bisa ditingkatkan melalui aktivitas membaca buku. Semakin banyak pengalaman yang diterima janin melalui dongeng atau cerita yang Anda bacakan, maka semakin kuat pula koneksi atau hubungan jaringan otaknya. Tentu saja, koneksi jaringan otak pada janin juga perlu didukung dengan asupan nutrisi yang tepat melalui makanan sehat yang dikonsumsi oleh ibunya.

Menciptakan suasana tenang

Selain berpengaruh pada kemampuan fisik dan intelegensinya, manfaat membaca buku bagi ibu hamil juga bisa menciptakan suasana tenang dan mengurangi stres. Selama membaca tidak hanya ibu hamil yang merasa terhibur dan rileks, perasaan tersebut juga dirasakan oleh janin di dalam kandungan. Cara ini juga bisa mencegah mual berlebih di kehamilan trimester awal.

Baca juga : Pentingnya Membaca Buku

Comments are closed.